Apa itu CBDC Central Bank Digital Currency




CBDC adalah singkatan dari "Central Bank Digital Currency" atau Mata Uang Digital Bank Sentral. CBDC adalah bentuk digital dari mata uang yang dikeluarkan dan diatur oleh bank sentral suatu negara. Ini berbeda dari uang digital yang dikeluarkan oleh bank komersial atau lembaga keuangan lainnya.

CBDC dapat dianggap sebagai evolusi dari uang tunai konvensional ke dunia digital. Ini memungkinkan bank sentral untuk memiliki kontrol lebih besar terhadap sistem pembayaran dan ekonomi negara mereka, serta memberikan alternatif yang lebih aman dan efisien dalam mentransfer nilai.

CBDC dapat diimplementasikan dalam dua bentuk utama:

1. **Retail CBDC**: Ini adalah bentuk CBDC yang tersedia untuk pengguna individu dan bisnis secara langsung. Pengguna dapat memiliki akun langsung dengan bank sentral atau bank komersial yang bermitra dengan bank sentral untuk menggunakan CBDC ini untuk pembayaran dan transaksi lainnya.

2. **Wholesale CBDC**: Bentuk ini ditujukan untuk penggunaan di antara lembaga keuangan dan institusi lainnya dalam sistem keuangan. Ini digunakan untuk penyelesaian transaksi besar antarbank, perdagangan saham, atau instrumen keuangan lainnya.

CBDC sedang menjadi topik yang semakin relevan di dunia keuangan global, dengan beberapa negara sedang mempertimbangkan atau bahkan menguji konsep CBDC sebagai bagian dari upaya modernisasi sistem pembayaran mereka.


Rating
Baca Juga:-
Labels : #CBDC ADALAH ,

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda.