Iniloh 5 "Gunung Tertinggi" di Indonesia
BELI JUAL BTC

Iniloh 5 "Gunung Tertinggi" di Indonesia
Ronald

Bagi Kamu Pecinta haiking pastilah menjadi tantangan untuk Mendaki ke Gunung Tertinggi, Pada artikel berikut meringkas 5 gunung tertinggi di indonesia.

Dilansir dari situs Gramedia.com, ini dia beberapa gunung tertinggi di Indonesia:

1. Punjak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya atau dikenal pula dengan sebutan Carstensz Pyramid merupakan titik tertinggi Indonesia yang terletak di Provinsi Papua. Selain itu, Puncak Jaya Wijaya masuk pegunungan Barisan Sudirman yang mempunyai tinggi 4.884 mdpl dan dikelilingi gletser dengan nama gletser Carstensz.  

Gletser itu merupakan gletser tropika satu-satunya yang dipunyai Indonesia sebab jumlah gletser yang lain mulai menipis karena pemanasan global yang kian parah. 

2. Puncak Mandala 

Gunung tertinggi kedua di Indonesia ialah Puncak Mandala. Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi Indonesia di bawah puncak Jaya Wijaya yang berada di salah satu pegunungan Provinsi Papua dengan tinggi 4.760 mdpl.  

Puncak Mandala masih diselimuti gletser salju sebab masih terletak di deretan pegunungan Jaya Wijaya walapun sekarang volumenya telah mulai berkurang sebab faktor pemanasan global yang makin parah.  

Jalur pendakian agar bisa ke puncak ini cukup terjal juga berbahaya. Hal itu telah diakui oleh para pendaki profesional, baik pendaki lokal atau pendaki dari manca negara.

3. Puncak Trikora 

Selain Puncak Jaya Wijaya atau Gunung Carstensz dan Puncak Mandala, terdapat satu lagi puncak tertinggi di pegunungan Jaya Wijaya, Papua, yang termasuk gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Trikora. Puncak Trikora terletak di ketinggian 4.750 mdpl yang diakui oleh beberapa pendaki punya jalur pendakian yang lebih ekstrem dibanding Carstensz.  

Agar bisa sampai ke puncak ini, pendaki harus melintasi jalur pendakian yang berada di kawasan Taman Nasional Lorents dan termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO atau melewati jalur Wamena.

4. Gunung Kerinci 

Gunung Kerinci merupakan gunung yang berada di perbatasan Provinsi Sumatra Barat dan Jambi dan termasuk ke dalam pengunungan Bukit Barisan. Gunung yang punya tinggi 3.805 mdpl ini jadi pembatas etnis Minagkabau suku Kerinci di hutan Taman Nasional Kerinci yang jadi habitat Harimau Sumatra serta Badak Sumatra. 

Jalur pendakian gunung kerinci diawali dengan pintu Rimba yang terletak di batas ladang serta hutan heterogen. Supaya bisa ke puncak gunung Kerinci, pendaki perlu melintasi pos akhir yaitu Tugu Yudha. Kondisi jalur pendakiannya pun beragam, seperti  medan landai hingga bekas aliran air yang sulit dilewati kalau hujan.

5. Gunung Rinjani 

Gunung tertinggi di Indonesia di nomor 5 ialah gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang terletak di ketinggian 3.726 mdpl Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).  

Topografi unik dari Gunung Rinjani merupakan ada kaldera seluas 3.500 x 4.800 m yang punya segara anak di tengahnya dengan luas 11.000.000 m persegi dan kedalaman 230 m. Selain termasuk gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani pun jadi gunung vulkanik ke 2 tertinggi di Indonesia yang begitu cantik.

Tertarik Ingin Mendatanginya.

Semoga Berhasil.

Komentari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright ©