Cara Setting Agar Saat Upload Video Tidak Menjadi Kwalitas Rendah

Kualitas video rendah setelah diupload

Saat Anda mengupload video, video tersebut awalnya akan diproses dalam resolusi rendah. Proses ini membantu Anda menyelesaikan proses upload dengan lebih cepat. Setelah proses upload selesai, video Anda akan tersedia untuk di-streaming dalam resolusi rendah, di berbagai jenis perangkat.

Resolusi yang lebih tinggi, seperti 4K atau 1080p, dapat memakan waktu pemrosesan yang lebih lama. Ketika pemrosesan ini berlangsung, video Anda akan tampak seperti tidak memiliki resolusi tinggi selama beberapa jam. Setelah pemrosesan resolusi tinggi selesai, resolusi yang lebih tinggi akan tersedia di video Anda.

Praktik terbaik untuk video berkualitas tinggi

Anda dapat mengupload video Anda sebagai tidak publik terlebih dahulu dan mengubahnya menjadi publik setelah pemrosesan resolusi tinggi selesai. Dengan menguploadnya sebagai tidak publik terlebih dahulu, lalu memublikasikannya, penonton hanya akan melihat video Anda dalam resolusi tinggi.

Jika Anda ingin resolusi HD muncul lebih cepat setelah diupload, coba upload video Anda dengan resolusi atau kecepatan frame yang lebih rendah. Misalnya, saat Anda beralih dari resolusi 4K ke 1080p, waktu pemrosesan yang diperlukan untuk menyediakan opsi HD bagi penonton menjadi lebih singkat.

Tentang waktu pemrosesan

Waktu pemrosesan tergantung pada banyak faktor, seperti:

  • Format video
  • Durasi video
  • Frekuensi gambar
  • Resolusi

Video beresolusi lebih tinggi, seperti video dalam resolusi 4K atau 1080p, memerlukan waktu yang lebih lama untuk diupload dan diproses. Hal yang sama berlaku untuk video dengan kecepatan frame yang lebih tinggi, seperti 60 fps.

Misalnya, video 4K berukuran 4 kali lebih besar daripada video 1080p. Pemrosesan video dengan resolusi 4K dapat memerlukan waktu 4 kali lebih lama agar dapat tersedia setelah upload selesai. Video 4K dengan kecepatan frame 30 fps yang berdurasi 60 menit dapat memerlukan waktu hingga 4 jam untuk menyelesaikan pemrosesan resolusi tinggi. Video 4K dengan kecepatan frame 60 fps akan memerlukan waktu lebih lama.

Memeriksa kualitas video

Untuk melihat apakah pemrosesan resolusi yang lebih tinggi pada video Anda telah selesai, periksa halaman tonton video.

  1. Buka halaman tonton video Anda.
  2. Di pemutar video, pilih Setelan .
  3. Klik Kualitas.

Jika opsi kualitas yang lebih tinggi masih belum ada, artinya pemrosesan masih berlangsung di latar belakang.

Baca Juga